Keberhasilan suatu organisasi pada hakikatnya ditentukan oleh penggabungan yang tepat antara kepemimpinanan yang efektif dan pelaksanaan kegiatan operasional yang efisien. Pada umumnya kepemimpinan yang efektif tercermin pada dua kegiatan umum, yaitu memainkan peranan yang menjadi tanggung jawabnya selaku unsur pimpinan dalam organisasi dan kemahirannya dalam memimpin organisasi dalam menempuh seluruh proses manajerial yang memang harus terlaksana dengan sebaik mungkin.
A. Tiga Kategori Peranan Manajemen
1. Peranan yang Bersifat “Interpersonal”
Peranan yang Bersifat “Interpersonal” antara lain dimaksudkan untuk menumbuhkan
iklim solidaritas dan kebersamaan dalam organisasi. Peranan ini sering menampakkan
dirinya dalam tiga bentuk utama, yaitu :
a. Peranan yang bersifat simbolis
Dimana eksistensi suatu organisasi sering diidentikkan dengan orang-orang yang menduduki jabatan manajemen puncak dalam organisasi tersebut.
b. Peranan selaku pimpinan
Dimana kemampuan memimpin yang efektif akan turut menentukan keberhasilan atau kegagalan organisasi karena dengan kepemimpinan itulah orang lain dibina, diarahkan, dan diberi motivasi yang tepat.
c. Peranan sebagai penghubung
Terutama dalam arti eksternal yaitu peranan selaku wakil organisasi dalam menghadapi berbagai pihak di luar organisasi yang mempunyai kemitraan atau hubungan kerja dengan organisasi yang bersangkutan. Salah satu bentuk hubungan ini ialah bahwa manajemen menerima informasi dari pihak luar dan sebaliknya memberikan informasi kepada pihak luar tersebut tentang organisasi yang dipimpinnya.
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar
sillahkan tinggalkan komentar anda,,,
agar saya bisa mengunjungi blog anda kembali.,. :)