Perumusan Strategis

Diposting oleh erfan setiawan on Selasa, 29 November 2011

Keseluruhan upaya pencapaian tujuan dan berbagai sasaran organisasi memerlukan strategi yang mantap dan jelas. Dilingkungan dunia bisnis, strategi pda umumnya didefinisikan sebagai “pernyataan sadar oleh manajemen tentang bidang bisnis apa yang ditekuni oleh organisasi sekarang dan dalam kegiatan bisnis apa organisasi akan bergerak dimasa yang akan datang”.
Suatu organisasi yang besar diperlukan stratifikasi strategi, yaitu dalam bentuk :
a.   Strategi akbar yang berlaku bagi seluruh organisasi.
b.  Strategi induk bagi satuan-satuan usaha di dalamnya.
c.   Strategi dasar bagi berbagai bidang fungsional dalam bentuk organisasi
d.  Strategi operasional bagi satuan-satuan kerja yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan kegiatan yang sifatnya teknis dan operasional.

Salah satu instrumen ilmiah yang umum digunakan dalam menentukan dan menetapkan strategi organisasi ialah analisis SWOT. SWOT merupakan akronim dari kata-kata Strenghts (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman). Agar suatu organisasi meraih keberhasilan, manajemen mutlak perlu mengenali faktor-faktor kekuatan organisasi, kelemahannya, peluang yang mungkin atau diperkirakan akan timbul, dan berbagai ancaman yang harus dihadapi.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

sillahkan tinggalkan komentar anda,,,
agar saya bisa mengunjungi blog anda kembali.,. :)

Academics Blogs
blog directory Active Search Results Ping your blog, website, or RSS feed for Free Free Page Rank Tool Page Rank Checker
TIPS-BLOGBEGO W3 Directory - the World Wide Web Directory